BEASISWA PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK MAHASISWA FKIP

Beasiswa KIP

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA /Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Baca juga: Peserta SNMPTN dan SBMPTN Bisa Mendaftar KIP Kuliah, Ini Syaratnya KIP Kuliah berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Hal ini sesuai penjelasan dari Pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Di Pasal 76 ayat 1 berbunyi, “Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik”. Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Pedoman KIP.pdf

 

 Program Beasiswa BRI Cerdas.

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang  Drs. Sukardi,M.Pd bersama perwakilan pimpinan Bank BRI sumatera selatan melakukan serah terima beasiswa.  Sebanyak 7 mahasiswa mendapatkan  besasiswa yang dikeluarkan oleh bank BRI melalui  program BRI Cerdas. 3 Mahasiswa program studi PGSD FKIP mendapatkan  beasiswa tersebut.

Beasiswa BRI Cerdas

 

Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau disingkat PPA merupakan program beasiswa dari Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditujukan bagi mahasiswa D3, D4, atau S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester 2 dan dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya.

Nama beasiswa ini sudah tidak asing lagi bagi banyak mahasiswa, karena memang hampir setiap tahun Kemenristekdikti selalu membuka pendaftaran di masing-masing perguruan tinggi. Pada tahun akademik 2019 – 2020, Kemenristekdikti menyiapkan beasiswa tersebut untuk ribuan mahasiswa di Indonesia. Baik itu dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pada periode sebelumnya, kuota yang disediakan sebanyak 130 ribu beasiswa.

Beasiswa PPA.pdf

PPA 2018

PPA 2019

Beasiswa Kualifikasi Guru

Beasiswa kualifikasi guru diberikan bagi guru yang melanjutkan studi kejenjang pendidikan S1 di FKIP Universitas PGRI Palembang, beasiswa ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengembangkan potensi dan kualifikasi menuju guru profesional.

Kualifikasi Guru.pdf

beasiswa kualifikasi guru

 

Bidik Misi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.? Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Bidik Misi.pdf

 

Beasiswa UKT

Beasiswa UKT merupakan bantuan biaya studi yang diberikan kepada mahasiswa FKIP yang terdampak Pandemic Covid-19, beasiswa ini diberikan pada mahasiswa dari 12 program studi oleh pemerintah melalui LLDIKTI2.

Beasiswa UKT LLDIKTI2

 

Beasiswa Bantuan Gubernur Sumatra Selatan

Pemerintah provinsi Sumatra Selatan peduli pendidikan pada masa pandemi Covid-19, Gubernur Sumatra Selatan memberikan bantuan untuk pembayaran biaya kuliah pada 1495 mahasiswa FKIP yang terdampak pandemi. bantuan Gubernur tersebut paling banyak diserap oleh mahasiswa PGSD, mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia dan mahasiswa Pendidikan Jasmani. bantuan tersebut tersebar juga pada mahasiswa di program studi lainnya.

 

Kuota Internet

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak terkecuali provinsi Sumatra Selatan berdampak pada kegiatan perkuliahan pembelajaran Konvensional/tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai alat komunikasi dan teknologi, hal tersebut menjadi kendala bagi mahasiswa dan dosen. pemerintah peduli dengan kondisi tersebut dengan memberikan bantuan kuota internet bagi mahasiswa dan dosen FKIP Universitas Pgri Palembang yang memiliki jumlah mahasiswa terbesar merespon bantuan pemerintah dengan mendaftarkan mahasiswa aktif. jumlah mahasiswa FKIP yang menerima bantuan kuota internet tersebut sebanyak 2765 orang.

Surat Bantuan Kuota.pdf

Daftar nama calon penerima bantuan kuota internet. Download

 

Beasiswa BAZNAS

LBB adalah program dari Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan yang bertugas menyediakan dana pendidikan demi terjaminnya keberlangsungan program pendidikan bagi golongan mahasiswa kurang mampu/ miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi. Dalam tugasnya LBB menyelenggarakan fungsi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian, dan Pelaporan.